Mahasiswa Sejarah USM Bina Sanggar Desa Geuceu Komplek, Ajarkan Tari Kreasi Tsunami untuk Wisata

Info FKIP
Mahasiswa Sejarah USM Bina Sanggar Desa Geuceu Komplek, Ajarkan Tari Kreasi Tsunami untuk Wisata

For Serambinews.comHimpunan Mahasiswa Sejarah (Himasej) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah (USM) melaksanakan pembinaan terhadap sanggar seni di Desa Geuceu Komplek. Baca Selanjutnya:Gampong Nusa Sediakan 42 Homestay bagi WisatawanXhttps://tpc.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Himpunan Mahasiswa Sejarah (Himasej) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah (USM) melaksanakan pembinaan terhadap sanggar seni di Desa Geuceu Komplek.

Kegiatan kemahasiswaan ini diinisiasi oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan dengan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Pembinaan sanggar seni Desa Geuceu Komplek oleh Mahasiswa keguruan USM sudah berlangsung dari bulan Juli. Program pembinaan desa ini akan terus dilanjutkan hingga bulan November.

Capaian utama dari program PHP2D ini adalah terbentuknya sanggar yang memiliki tari kreasi bertemakan tsunami.

Pembinaan sanggar seni dengan tari kreasi tsunami merupakan inovasi mahasiswa, yaitu untuk menghadirkan tari tsunami sebagai atraksi budaya kepada para wisatawan dalam rangka mendukung Desa Geuceu Komplek sebagai salah satau desa wisata di Kota Banda Aceh.

Nana Novita, selaku ketua pelaksana PHP2D yang juga sebagai ketua Himpunan masiswa sejarah, dalam rilis yang diterima Serambinews.com mengungkapkan bahwa PHP2D merupakan program kemitraan antara desa dan perguruan tinggi.

Lewat program ini diharapkan mahasiswa mampu berkolaborasi dan berkontribusi kepada desa dalam membangun desa.

“Kita mahasiswa sejarah mengusung konsep seni tari kreasi, karena kami melihat pariwisata merupakan potensi utama di Kota Banda Aceh,” ucapnya.

Menurut Nana, dalam membangun kota wisata diperlukan antraksi budaya sebagai tontonan yang menarik untuk wisatawan.

Banda Aceh merupakan kota destinasi wisata sejarah Tsunami. Atas dasar itu lah, pihaknya bersama pemerintah desa mencoba melahirkan tari bertemakan tsunami untuk mengisi kemajuan wisata desa dan Kota Banda Aceh secara umum.

“Alhamdulilah sekarang desa telah memiliki sanggar dengan tari kreasi, di mana setiap tiga hari dalam seminggu kemampuan penari terus kita asah dan latih sebagai bentuk pembinaan,” jelasnya.

Sementara itu, Syahrul SE selaku kepala desa mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa USM yang sudah bekerja sama dengan pihak desa yang telah mendorong adanya tari kreasi di Desa Geuceu Komplek.

“Kami dari pihak desa menyambut baik, dan kami pikir ini program yang bermanfaat, baik untuk desa maupun untuk mahasiswa itu sendiri yang masih dalam proses belajar,” ucapnya.

Dosen pembimbing PHP2D Mujiburrahman SPd MHum menambahkan, program ini untuk mendorong agar mahasiswa mampu berfikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.

Selain itu memiliki kemampuan kepemimpinan dalam pengembangan masyarakat desa di Era Industri 4.0 sebagai implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.(*)



Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Mahasiswa Sejarah USM Bina Sanggar Desa Geuceu Komplek, Ajarkan Tari Kreasi Tsunami untuk Wisata, https://aceh.tribunnews.com/2021/09/21/mahasiswa-sejarah-usm-bina-sanggar-desa-geuceu-komplek-ajarkan-tari-kreasi-tsunamiuntuk-wisata.


https://aceh.tribunnews.com/2021/09/21/mahasiswa-sejarah-usm-bina-sanggar-desa-geuceu-komplek-ajarkan-tari-kreasi-tsunamiuntuk-wisata

Fakultas KIP

PROFIL DAN PROSPEK LULUSAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH PROFIL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi bagian dari terbentuknya Universitas Serambi Mekkah pada tahun 2002. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 256/D/0/2002 tanggal 30 Oktober 2002 menetapkan sejumlah program studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program studi (S1) yang ditetapkan berdasarkan surat keputusan tersebut adalah sebagai berikut: 1. Program Studi Pendidikan Matematika (B) 2. Program Studi Pendidikan Fisika (Baik) 3. Program Studi Pendidikan Kimia (B) 4. Program Studi Pendidikan Biologi (B) 5. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (B) 6. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (B) 7. Program Studi Pendidikan Sejarah (C) 8. Program Studi Pendidikan Ekonomi (B) 9. Program Studi Pendidikan Penjaskesrek (B) 10. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (B) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kini mengelola 10 program studi. Dosen di lingkungan FKIP berjumlah 106 orang (18 dosen tetap PNS dan 88 dosen tetap non-PNS), serta terdiri dari 14 orang tenaga administrasi, teknisi, laboran dan staf akademik. Dosen FKIP yang berkualifikasi pendidikan doktor (S3) berjumlah 16 orang dan 90 orang berpendidikan magister (S2). Dosen PNS dengan jabatan fungsional guru besar berjumlah 0 orang, lektor kepala berjumlah 12 orang, lektor berjumlah 20 orang dan asisten ahli berjumlah 74 orang. Visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: “Menjadi FKIP USM sebagai lembaga pendidikan unggul, inovatif di tingkat nasional pada tahun 2025”. Pencapaian FKIP USM sejak tahun 2017 adalah telah berhasil mengirimkan mahasiswa ke luar negeri untuk melaksanakan praktik mengajar di Negara Asia Tenggara dalam kegiatan Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) yang bekerjasama dengan Saengtham Wittaya Foudation School, South Thailand Arunsat Vitaya School, South Thailand Tarbiyatulwatan Multini School, South Thailandsomboonsat School, South Thailand Rusmee Sethapana School, South Thailand And Watnatham Islam School, South Thailand. PROSPEK LULUSAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH Selain melaksanakan kurikulum inti, untuk meningkatkan kompetensi lulusan, FKIP USM mengembangkan kurikulum tambahan dengan memasukkan Program Komputer, Program Kewirausahaan dan Program Bahasa Inggris. Adapun kompetensi inti lulusan FKIP USM adalah: 1. Mampu menguasai bidang keahlian sesuai dengan program studi masing-masing; 2. Mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan bidang keahlian masing-masing secara professional; 3. Mampu membuat dan mengembangkan bahan ajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing; 4. Mampu melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan, terutama yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing; 5. Mampu memberikan kegiatan layanan pada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian masing-masing; 6. Mampu menggunakan sarana multimedia untuk kepentingan pengembangan kompetensi dan profesi; 7. Mampu melaksanakan wirausaha secara mandiri sesuai dengan bidang keahlian masing-masing; 8. Mampu berbahasa Inggris secara komunikatif, baik lisan maupun tulisan untuk kepentingan pengembangan kompetensi lulusan. Berdasarkan kompetensi inti tersebut, lulusan FKIP USM diharapkan dapat bekerja sebagai: 1. Staf pengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing; 2. Staf peneliti sesuai dengan bidang keahliannya di tempat mereka bertugas; 3. Penulis buku ajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing; 4. Pelaksana wirausaha sesuai dengan bidang keahlian masing-masing; 5. Perancang model pembelajaran sesuai dengan bidang keahlian berbasis multimedia.

http://fkip.serambimekkah.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *