8 PTN/PTS Wakili Aceh ke Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Delapan perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN/PTS) dalam lingkup Kopertis Wilayah XIII Aceh lolos dalam Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional. Demikian hasil akhir seleksi National University Debating Championship (NUDC) 2014 atau Debat Bahasa Inggris Antarmahasiswa yang dilaksanakan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII Aceh di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, pada 22-24 Juni 2014.

Juara I debat bahasa Inggris itu diraih mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), juara II Universitas Serambi Mekkah, dan juara 3 STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Juara berikutnya berturut-turut mahasiswa STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya, Universitas Jabal Ghafur Sigli, Universitas Al-Muslim Peusangan Bireuen, Universitas Ubudiyah Indonesia Banda Aceh, dan Universitas Abulyatama Aceh Besar. Dewan juri debat ini tujuh orang, dikoordinir Drs Tarmizi Rajab MPd dari Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh.

“Awalnya 15 perguruan tinggi di Aceh yang ikut debat ini, tapi akhirnya delapan peserta yang keluar sebagai wakil wilayah Aceh ke tingkat nasional,” kata Ketua Panitia Pelaksana Debat Bahasa Inggris Kopertis Wilayah XIII, M Fuad Abdullah kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Selasa (24/6/2014) malam.

Menurutnya, dalam agenda tahunan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, delapan tim terbaik di masing-masing wilayah (I sampai XIV) yang berjumlah 112 tim akan berlaga di tingkat nasional.

Sekretaris Panitia Pelaksana, Syafi’i M Amin menambahkan, para juara wilayah ini akan mengikuti debat tingkat nasional di Jakarta pada 19-24 Agustus 2014.

Saat membuka acara itu, Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Jamaluddin MEd mengatakan, debat bahasa Inggris ini menuntut mahasiswa bukan hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik.

Kopertis Wilayah XIII berusaha agar mahasiswa terus berkembang dalam berbagai disipilin ilmu dan menjadi insan cerdas, kompetitif, dan bermartabat. (*)

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2014/06/24/8-ptnpts-wakili-aceh-ke-debat-bahasa-inggris-tingkat-nasional